Economics and Digital Business Review
Vol. 7 No. 1 (2025): Agustus - Januari

Pengaruh Promosi Media Sosial Instagram, Electronic Word Of Mouth Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Mochi Daifuku Di Kabupaten Bandung

Suryatna, Tri (Unknown)
Suryaningprang, Andre (Unknown)
Herlinawati, Erna (Unknown)
Ali, Mochammad Mukti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi Media Sosial Instagram, Electronic Word of Mouth (E-WOM), dan Influencer terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Mochi Daifuku di Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif verifikatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kepada 100 responden yang merupakan konsumen atau calon konsumen Mochi Daifuku di Kabupaten Bandung. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Promosi Media Sosial, E-WOM, dan Influencer masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Di antara ketiga variabel tersebut, Influencer memiliki pengaruh paling dominan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital melalui media sosial sangat efektif dalam memengaruhi perilaku konsumen, terutama di kalangan generasi muda. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pelaku usaha kuliner, khususnya UMKM, dalam mengembangkan strategi promosi berbasis digital agar dapat meningkatkan daya tarik dan penjualan produk.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ecotal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics and Digital Business Review, is published by STIE Amkop Makassar in 2020, with registered number ISSN : 2774-2563 (Online), is a peer-reviewed journal published Economics and Digital Business Review published two times a year (January & July) by STIE Amkop Makassar, It provides an academic ...