Al-Irsyad Journal of Mathematics Education
Vol 4 No 2 (2025): Juli 2025

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ”BILANGAN CACAH SAMPAI 10.000” BERBASIS ARTICULATE STORYLINE

Patricia, Imelda (Unknown)
Sundari, Riris Setyo (Unknown)
Sukamto (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2025

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada materi bilangan cacah sampai 10.000 yang memenuhi kriteria valid, praktis, serta efektif sehingga siswa mampu menguasai materi bilangan cacah sampai 10.000 dengan mudah. Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Tunjungharjo. Pengumpulan data diperoleh dari angket validasi, angket respon siswa dan guru serta soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi dari ahli media memperoleh skor 75% dengan kategori valid dan ahli materi memperoleh skor 84% dengan kategori sangat valid. Angket kepraktisan secara keseluruhan memperoleh skor presentase 84,45% dengan kategori sangat praktis. Setelah penggunaan media interaktif Articulate Storyline hasil rata-rata nilai post-test siswa berpengaruh signifikan yakni 82,03 dan nilai pre-test siswa rata-rata 35,10. Hasil uji t untuk dua sampel dependen menunjukkan bahwa sig < 0,05 atau 0,000 yang menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara hasil pre-test dan post-test yang diterapkan dalam mengukur keefektifan penggunaan media. Hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada materi bilangan cacah sampai 10.000 memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

wjme

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Al-Irsyad Journal of Mathematics Education (IJME), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika. Jurnal ini disediakan untuk penulis, ...