Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada materi bilangan cacah sampai 10.000 yang memenuhi kriteria valid, praktis, serta efektif sehingga siswa mampu menguasai materi bilangan cacah sampai 10.000 dengan mudah. Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Tunjungharjo. Pengumpulan data diperoleh dari angket validasi, angket respon siswa dan guru serta soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian berdasarkan angket validasi dari ahli media memperoleh skor 75% dengan kategori valid dan ahli materi memperoleh skor 84% dengan kategori sangat valid. Angket kepraktisan secara keseluruhan memperoleh skor presentase 84,45% dengan kategori sangat praktis. Setelah penggunaan media interaktif Articulate Storyline hasil rata-rata nilai post-test siswa berpengaruh signifikan yakni 82,03 dan nilai pre-test siswa rata-rata 35,10. Hasil uji t untuk dua sampel dependen menunjukkan bahwa sig < 0,05 atau 0,000 yang menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara hasil pre-test dan post-test yang diterapkan dalam mengukur keefektifan penggunaan media. Hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada materi bilangan cacah sampai 10.000 memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Copyrights © 2025