Penelitian ini membahas penerapan metode K-Means dalam data mining untuk merekomendasikan produk Pekakas kepada pelanggan, dengan studi kasus pada PT.ZXY. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan memprediksi volume penjualan produk perkakas menggunakan metode K-Means, dengan manfaat membantu perusahaan dalam pengadaan persediaan, perencanaan produksi, dan menyediakan informasi produk yang paling banyak dibeli oleh konsumen. Metode K-Means dipilih karena potensinya dalam menganalisis strategi promosi Perkakas. Studi ini juga mencakup konsep Penemuan Basis Data Pengetahuan (KDD), Indeks Davies Bouldin (DBI), dan RapidMiner. Hasil dari praproses, pemodelan, evaluasi dan penelitian dilakukan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang pola penjualan dan potensi perbaikan strategi penjualan alat produk pada PT. PT.ZXY. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa K optimal untuk pembentukan klaster terdapat pada percobaan keenam, yaitu nilai K = 3. Nilai ini dipilih karena K =3 menghasilkan nilai DBI terkecil yaitu 0 0.328. Dimana anggota klaster 0 berjumlah 1.389 data, klaster 1 berisi 1 data dan klaster 2 berisi 39 data sehingga totalnya berjumlah 1.429 data.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025