Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik dan beban kerja terhadap kinerja guru melalui komitmen afektif sebagai variabel intervening di SMK Negeri 1 Mandau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan 104 orang guru sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling dengan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dan terhadap komitmen afektif. Beban kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja guru dan terhadap komitmen afektif. Kompetensi pedagogik berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap kinerja guru melalui komitmen afektif. Beban kerja berpengaruh negatif secara tidak langsung terhadap kinerja guru melalui komitmen afektif. Komitmen afektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Hasil ini menunjukkan pentingnya pengembangan kompetensi pedagogik dan pengelolaan beban kerja yang tepat dalam meningkatkan kinerja guru dan komitmen afektif. Berdasarkan nilai R-Square kedua variabel ini menjelaskan 85,1% Kinerja Guru dengan nilai R-Square 0,851 dan 40,9% Komitmen Afektif dengan nilai R-Square 0,409.
Copyrights © 2025