Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk menganalisis keterpengaruhan profitabilitas (Return on Assets/ROA), leverage (Debt to Equity Ratio/DER), dan Corporate Social Responsibility (CSR) pada nilai perusahaan, dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Populasi pada penelitian ini sebanyak 95 perusahaan manufaktur sektor konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2021 hingga 2023. Sampel yang digunakan diseleksi dengan metode purposive sampling, menghasilkan 39 perusahaan dengan total 117 observasi. Data penelitian berupa data sekunder yang didapatkan dari laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahaan. Penganalisisan data dilakukan menggunakan analisis regresi data panel dengan pendekatan Moderated Regression Analysis (MRA) menggunakan software EViews 13. Penelitian ini memberikan hasil bahwa ROA, DER, dan CSR mempengaruhi secara signifikan terhadap nilai perusahaan baik secara parsial maupun simultan. Sementara itu, ukuran perusahaan hanya terbukti mampu memoderasi keterkaitan antara DER dan nilai perusahaan, namun tidak memoderasi keterkaitan antara ROA dan CSR terhadap nilai perusahaan. Temuan ini memberikan wawasan bagi manajemen dan investor bahwa leverage perusahaan cenderung lebih dipengaruhi oleh skala perusahaan dalam menentukan nilai pasar perusahaan.
Copyrights © 2025