Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sosialisasi, kualitas sumber daya manusia (SDM), dan inovasi program terhadap minat masyarakat dalam membayar zakat di BAZNAS Kabupaten Belitung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan tujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam membayar zakat di BAZNAS Belitung. Hasil analisis menunjukkan bahwa sosialisasi, kualitas pengelolaan sumber daya manusia, dan inovasi program memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat membayar zakat, dengan nilai R Square yang Disesuaikan sebesar 0,949, yang menunjukkan bahwa 94,9% variasi minat masyarakat dapat dijelaskan oleh keempat variabel tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa upaya sosialisasi yang efektif, peningkatan kualitas pengelolaan zakat sumber daya manusia, serta inovasi program yang dilakukan oleh BAZNAS dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap zakat. Sementara itu, 5,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak tercakup dalam penelitian ini.
Copyrights © 2025