JUKI : Jurnal Komputer dan Informatika
Vol. 7 No. 1 (2025): JUKI : Jurnal Komputer dan Informatika, Edisi Mei 2025

Implementasi Gamifikasi untuk Sistem “Reward-Point” Pelanggan Berbasis Laman

Kalagi, Richard Kevin Maruli (Unknown)
Prabowo, Ary (Unknown)
Anwar, Nizirwan (Unknown)
Sekti, Binastya Anggara (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat serta meningkatnya penetrasi internet di Indonesia telah mendorong pelaku usaha untuk mengadopsi strategi digital yang lebih inovatif. Salah satu pendekatan yang potensial adalah gamifikasi, yaitu penerapan elemen permainan dalam konteks non-permainan, guna meningkatkan keterlibatan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan metode gamifikasi berbasis website pada platform e-commerce CV Naraya Prima Jasa dengan menggunakan elemen point dan reward. Metode yang digunakan mencakup analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan gamifikasi mampu meningkatkan interaksi pengguna dan menciptakan pengalaman yang lebih menarik, sehingga berpotensi mendukung tujuan bisnis perusahaan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JUKI

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JUKI: Jurnal Komputer dan Informatika (e-ISSN: 2722-4368) berfokus pada keilmuan yang ada tentang Komputer dan Informatika, yaitu Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan & Multimedia, Teknologi Web & Mobile, serta kecerdasan Buatan & game. Akan tetapi JUKI juga tidak membatasi terhadap ...