Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
Vol. 6 No. 3 (2025): JPG: Jurnal Pendidikan Guru

Pengaruh Media Pembelajaran Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar

Sulha, Helma (Unknown)
Zumrotun, Erna (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas V di SDN 7 Suwawal dipengaruhi oleh penggunaan media flash card. Studi ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain pre-eksperimental satu grup pre-test post-test. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata meningkat dari 59,79 pada pretest menjadi 86,11 pada posttest, dengan selisih 26,32 poin, atau sekitar 44,01%. Peningkatan ini juga disertai dengan peningkatan motivasi dan keterlibatan peserta didik selama proses pembelajaran. Terbukti bahwa flash card membantu peserta didik lebih memahami materi, memperkaya kosa kata mereka, dan lebih berkomunikasi. Hasil ini menunjukkan bahwa media flash card layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran yang menarik dan mendukung penguasaan keterampilan berbahasa, khususnya pada materi kata sifat di sekolah dasar. Keywords : Media, Flash Card, Keterampilan Membaca

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Other

Description

Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait ...