Kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan telah mendorong berbagai inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Salah satu aspek penting dalam pembelajaran adalah pelaksanaan pertemuan yang terstruktur, tepat waktu, dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun SmartMeeting, yaitu sebuah aplikasi yang dirancang untuk membantu pelaksanaan pertemuan pembelajaran yang efektif dan terintegrasi dengan kurikulum satuan pendidikan. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) model Waterfall, meliputi tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur penjadwalan pertemuan, pengelolaan silabus, notifikasi, dan dokumentasi kegiatan belajar. Hasil pengujian yang dilakukan menggunakan uji validitas 3 orang pakar 0.82 menggunakan indeks Aiken’s V dinyatakan valid, serta uji praktikalitas 3 orang praktisi 94.7 dinyatakan sangat praktis, dan efektivitas dengan melibatkan guru dan siswa sebagai pengguna 0.86 dinyatakan sangat efektif. Aplikasi ini diharapkan mampu membantu wakil kurikulum dalam merekap laporan pertemuan efektif pada setiap pendidik bidang studi yang nantinya hasilnya dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Copyrights © 2025