Penelitian ini membahas terjadinya exhaust valve knocking pada mesin induk kapal MV. PAN IVY selama pelaksanaan praktik kerja laut (Prala) oleh peneliti bersama perusahaan POS SM CO., LTD selama 11 bulan 27 hari, dari 22 Agustus 2021 hingga 18 Agustus 2022. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif melalui observasi langsung, wawancara dengan kru mesin, serta analisis dokumen teknis seperti instruction manual book dan engine log book. Data diperoleh dari sumber primer dan sekunder untuk mendukung validitas analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa exhaust valve knocking disebabkan oleh dua faktor utama: (1) keausan pada guide ring dan sealing ring akibat penggunaan suku cadang non-asli dan masuknya udara kontrol yang mengandung air ke dalam ruang silinder; (2) kerusakan pada permukaan exhaust valve seat dan spindle yang diakibatkan oleh udara bilas yang tercemar air dari intercooler serta pengabaian running hour oleh kru mesin. Dengan penanganan yang tepat terhadap kedua penyebab tersebut, kinerja mesin induk dapat ditingkatkan dan operasional kapal berjalan lebih optimal.
Copyrights © 2025