Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 5 No. 4 (2025): Innovative: Journal Of Social Science Research

Implementasi Pendekatan TPACK Berbantuan Liveworksheet terhadap Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar

Harefa, Edward (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2025

Abstract

Pembelajaran yang terintegrasi dengan kemajuan teknologi sudah menjadi suatu keharusan sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) merupakan terobosan baru dalam pembelajaran yang meningkatkan kualitas pembelajaran sains. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendekatan Liveworksheet berbasis TPACK terhadap motivasi belajar dan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Pendekatan kualitatif dipilih dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitian adalah peserta didik Fase C SD Negeri 070995 Hiligodu Tanoseo. Keabsahan data dipastikan melalui triangulasi sumber, waktu, dan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Liveworksheet berbasis TPACK berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi dan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar dalam pembelajaran sains. Berdasarkan temuan tersebut, penerapan lembar kerja berbasis TPACK dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan motivasi belajar dan memperkuat berpikir kritis peserta didik. Pendekatan ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan pendidikan sains di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...