Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
Vol. 24 (2025): Proceedings of International Student Conference on Education (ISCE) 2025

Implementasi Media Sosokmaspras pada Pembelajaran Matematika Model PJBL Materi Diagram di Kelas 2 SD

Lawnia, Vika (Unknown)
Kusno, Kusno (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar sering kali menghadapi kendala dalam menyampaikan konsep-konsep abstrak, seperti materi diagram. Minimnya media konkret kontekstual menjadi salah satu penyebab rendahnya pemahaman siswa. Penelitian ini mengkaji penerapan media Sosokmaspras—miniatur prasmanan soto khas Sokaraja—sebagai media berbasis budaya lokal yang dipadukan dengan model Project Based Learning (PJBL). Pendekatan ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa dan melalui kreativitas proyek pembuatan diagram secara kolaboratif. Hasil penerapan menunjukkan peningkatan signifikan: nilai rata-rata pemahaman konsep diagram naik dari 65,02 (pra-siklus) menjadi 94,00 (evaluasi akhir), dengan peningkatan kreativitas pada dimensi kefasihan (2,27?3,54), fleksibilitas (2,88?3,94), dan kebaruan (2,14?3,60). Sinergi media berbasis budaya dan pendekatan proyek memfasilitasi pembelajaran kontekstual, memicu diskusi aktif, serta mengembangkan keterampilan analisis data dan berpikir inovatif. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi kearifan lokal dalam media pembelajaran matematika mendorong keterlibatan siswa secara holistik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pssh

Publisher

Subject

Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

The Proceedings Series on Social Sciences & Humanities aims to publish proceedings from conferences on the scope: 1. Business, Management & Accounting 2. Social Sciences ...