Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 3 (2025): Relevan : Jurnal Pendidikan Matematika

PENINGKATAN HOTS DAN SIKAP BELAJAR MELALUI PENDEKATAN RME PADA SISWA SMP MELALUI TINJAUAN TEORITIS

Alifiani, Nurrisqi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Artikel ini membahas peran model Realistic Mathematics Education (RME) dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) dan sikap belajar siswa SMP terhadap matematika. Tujuan dari kajian ini adalah untuk menganalisis secara teoretis bagaimana pendekatan RME dapat berkontribusi terhadap pengembangan kemampuan kognitif dan afektif siswa dalam pembelajaran matematika. Kajian ini dilakukan melalui studi literatur dengan metode deskriptif-kualitatif yang mengkaji teori pembelajaran konstruktivisme, prinsip-prinsip utama RME, serta berbagai hasil penelitian relevan dalam sepuluh tahun terakhir. RME menekankan pada pembelajaran berbasis konteks nyata yang bermakna, memungkinkan siswa membangun pemahaman konsep melalui proses pematematikaan progresif. Dalam konteks HOTS, pendekatan ini memberi ruang bagi siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan solusi terhadap masalah kontekstual. Di sisi lain, pengalaman belajar yang relevan dan interaktif turut membentuk sikap positif siswa terhadap matematika. Hasil kajian menunjukkan bahwa model RME berpotensi efektif dalam mendukung pengembangan HOTS dan sikap belajar secara bersamaan, menjadikannya pendekatan yang sesuai untuk menjawab kebutuhan pembelajaran matematika di era abad 21. ABSTRACT This article discusses the role of the Realistic mathematics education (RME) model in enhancing students Higher order thinking skills (HOTS) and learning attitudes toward mathematics at the junior high school level. This study aims to theoretically analyze how the RME approach contributes to developing students cognitive and affective abilities in mathematics learning. This study was conducted through a literature review using a descriptive-qualitative method that examined constructivist learning theory, the core principles of RME, and various relevant research findings from the last ten years. RME emphasizes meaningful, context-based learning, allowing students to construct conceptual understanding through progressive mathematization. Regarding HOTS, this approach provides opportunities for students to analyze, evaluate, and create solutions to contextual problems. Meanwhile, relevant and interactive learning experiences foster positive attitudes toward mathematics. The results of the review indicate that the RME model has the potential to effectively support the development of both HOTS and learning attitudes, making it a suitable approach to address the demands of 21st-century mathematics education.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

relevan

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, diterbitkan oleh Yayasan Amanah Nur Aman. Diterbitkan setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan matematika. Jurnal ini menyambut hangat ...