Seiring berkembangnya zaman penggunaan teknologi pada sektor bisnis semakin marak digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan layanan Banyuwangi Trans Wisata dengan melakukan analisis dan implementasi sistem informasi pemesanan paket wisata yang terintegrasi secara berbasis web. Banyuwangi Trans Wisata beralamat di Jl. Joyoboyo No.09 Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Permasalahan utama yang dihadapi adalah proses pemesanan yang masih dilakukan secara konvensional melalui chat WhatsApp, sehingga berpotensi menimbulkan inefisiensi dalam proses pemesanan dan arsip data. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, yaitu observasi, wawancara, studi literatur, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data, dengan pengembangan sistem berbasis model Waterfall yang meliputi tahap analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dibangun mampu menyediakan antarmuka pemesanan online yang mudah digunakan untuk pelanggan serta modul administrasi yang dapat digunakan untuk mengelola data wisata, paket wisata, data pemesanan, dan laporan. Pengujian fungsionalitas sistem menunjukkan bahwa semua fitur berjalan sesuai dengan yang diharapkan, antara lain registrasi akun, pengelolaan, pemesanan, dan pembayaran paket wisata, serta pembuatan laporan pemesanan. Hasil studi ini menunjukkan bahwa sistem informasi berbasis web tidak hanya berperan dalam meningkatkan efisiensi operasional bisnis, tetapi juga memberikan kontribusi terhadap penguatan keamanan data serta perluasan jangkauan pemasaran.
Copyrights © 2025