Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berupa permainan Open The Box bertema Kerajaan Hindu-Buddha untuk pembelajaran IPAS di kelas IV SDN 30 Palembang. Media dirancang untuk memudahkan pemahaman dan meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari materi sejarah yang bersifat faktual dan kronologis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini melibatkan 25 orang siswa. Validasi produk dilakukan oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan guru kelas. Hasil analisis validitas menunjukkan bahwa media tergolong “sangat valid” dengan skor rata-rata 86,9% yang terdiri dari validasi ahli media sebesar 89,5%, ahli materi sebesar 88,4%, ahli bahasa sebesar 83,3%, dan validasi guru sebesar 86,6%. Analisis kepraktisan menunjukkan bahwa media tersebut "sangat praktis" dengan skor rata-rata 92,6%, berdasarkan uji coba satu lawan satu yang memperoleh skor 90,6% dan uji coba kelompok kecil yang memperoleh skor 92,6%. Hasil evaluasi juga menunjukkan keefektifan media dalam meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa terhadap materi. Oleh karena itu, media permainan Open The Box dinilai valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai alat bantu pembelajaran alternatif dalam pembelajaran IPA di tingkat sekolah dasar. Kata kunci: roblox, interaksi sosial, pembelajaran interaktif, siswa sekolah dasar. Kata Kunci: ADDIE, Permainan Buka Kotak, IPAS, Kerajaan Hindu-Buddha, media pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025