Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

Analisis Pengaruh Frekuensi Penggunaan Dan Kemudahan Akses Dompet Digital Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Masyarakat Di Kecamatan Moyo Hulu

Suryani, Irma (Unknown)
Hambali, Denny (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh frekuensi penggunaan dan kemudahan akses dompet digital terhadap pengelolaan keuangan pribadi masyarakat di Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa. Latar belakang penelitian didasarkan pada pesatnya adopsi teknologi finansial di Indonesia yang belum sepenuhnya diimbangi dengan peningkatan literasi keuangan, terutama di wilayah non-perkotaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 responden pengguna aktif dompet digital. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi penggunaan dompet digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan pribadi. Semakin sering masyarakat menggunakan dompet digital, semakin baik kemampuan mereka dalam memantau arus kas, menyusun anggaran, dan mengendalikan pengeluaran. Kemudahan akses dompet digital juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan, di mana antarmuka yang intuitif, proses registrasi yang sederhana, dan transaksi yang cepat mendorong masyarakat untuk lebih aktif memanfaatkan fitur pengelolaan keuangan. Secara simultan, kedua variabel tersebut memberikan kontribusi sebesar 56,5% terhadap variasi pengelolaan keuangan pribadi. Penelitian ini menegaskan pentingnya edukasi keuangan digital dan pengembangan fitur aplikasi yang sesuai kebutuhan masyarakat lokal. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi penyedia layanan fintech dan pemerintah daerah dalam merancang program literasi keuangan yang lebih inklusif dan efektif di wilayah perdesaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...