Fenomena lunturnya pemahaman nilai-nilai kebangsaan di kalangan siswa sekolah dasar menjadi permasalahan serius dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan nilai-nilai kebangsaan pada siswa Fase B di SD Negeri 55/I Sridadi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dari 8 partisipan yang terdiri dari kepala sekolah, wali kelas IV B, dan siswa dengan tingkat kemampuan beragam. Validitas data dilakukan melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan nilai-nilai kebangsaan dilaksanakan secara sistematis melalui tiga tahapan: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan melibatkan kolaborasi guru dan kepala sekolah dalam menyusun modul ajar yang mengintegrasikan nilai-nilai kebangsaan. Tahap pelaksanaan mengimplementasikan pembelajaran kolaboratif melalui persiapan sumber belajar kontekstual, pembentukan kelompok kerja, dan pelaksanaan proyek nyata. Tahap evaluasi menggunakan pengamatan partisipasi, sikap, dan keterlibatan siswa. Fokus pada aspek cinta tanah air dan gotong royong menunjukkan hasil positif signifikan. Siswa menunjukkan peningkatan antusiasme dalam kegiatan simbolik kebangsaan, ketertarikan terhadap simbol dan budaya Indonesia, serta kesediaan membantu teman dan keterlibatan aktif dalam kegiatan kolaboratif. Penelitian membuktikan bahwa pendekatan terintegrasi dapat membentuk karakter siswa sesuai Profil Pelajar Pancasila.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025