Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02` (2025): Volume 10 No. 2 Juni 2024 In Built

PENERAPAN PENDIDIKAN NILAI-NILAI KEBANGSAAN PADA SISWA FASE B SEKOLAH DASAR

Arini, Arini Syafitri (Unknown)
Destrinelli (Unknown)
Muhammad Sholeh (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Fenomena lunturnya pemahaman nilai-nilai kebangsaan di kalangan siswa sekolah dasar menjadi permasalahan serius dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan nilai-nilai kebangsaan pada siswa Fase B di SD Negeri 55/I Sridadi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dari 8 partisipan yang terdiri dari kepala sekolah, wali kelas IV B, dan siswa dengan tingkat kemampuan beragam. Validitas data dilakukan melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan nilai-nilai kebangsaan dilaksanakan secara sistematis melalui tiga tahapan: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan melibatkan kolaborasi guru dan kepala sekolah dalam menyusun modul ajar yang mengintegrasikan nilai-nilai kebangsaan. Tahap pelaksanaan mengimplementasikan pembelajaran kolaboratif melalui persiapan sumber belajar kontekstual, pembentukan kelompok kerja, dan pelaksanaan proyek nyata. Tahap evaluasi menggunakan pengamatan partisipasi, sikap, dan keterlibatan siswa. Fokus pada aspek cinta tanah air dan gotong royong menunjukkan hasil positif signifikan. Siswa menunjukkan peningkatan antusiasme dalam kegiatan simbolik kebangsaan, ketertarikan terhadap simbol dan budaya Indonesia, serta kesediaan membantu teman dan keterlibatan aktif dalam kegiatan kolaboratif. Penelitian membuktikan bahwa pendekatan terintegrasi dapat membentuk karakter siswa sesuai Profil Pelajar Pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...