Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 02 (2025): Volume 10, Nomor 02 Juni 2025 publish

PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN NUMERASI MATERI BILANGAN CACAH KELAS II SEKOLAH DASAR

ira Nur Puspita Sari (Unknown)
Intan Rahmawati (Unknown)
Bagus Ardi Saputro (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Latar belakang penelitian ini rendahnya kemampuan numerasi siswa pada materi bilangan cacah, serta minimnya media pembelajaran yang menarik dan interaktif bagi siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menilai validitas media ular tangga dalam pembelajaran numerasi; 2) Mengukur kepraktisan media ular tangga sebagai alat bantu pembelajaran; dan 3) Menganalisis efektivitas media ular tangga dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa pada materi bilangan cacah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang mencakup lima tahapan: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari 29 siswa dari kelas II Sekolah Dasar. Produk yang dikembangkan adalah media permainan ular tangga bertema petualangan harta karun, yang dilengkapi dengan kartu soal, lembar aturan, dan lembar jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media tersebut dinyatakan “sangat layak” berdasarkan evaluasi dari ahli materi dan ahli media. Uji kepraktisan menunjukkan bahwa media ini mudah digunakan dan menyenangkan. Uji efektivitas memperlihatkan adanya peningkatan kemampuan numerasi siswa pada indikator kemampuan siswa dalam menerapkan angka atau simbol matematis dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. Saran dari penelitian ini adalah media ular tangga ini dapat dikembangkan lebih lanjut untuk materi matematika lainnya dan digunakan pada jenjang kelas berbeda sebagai pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...