Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 9 No. 04 (2024): Volume 09 No. 04 Desember 2024

PENGARUH FINANCIAL SELF EFFICACY DAN MENTAL ACCOUNTING TERHADAP PERILAKU KEUANGAN GENERASI-Z DI KABUPATEN SUMBAWA

Cahyatullah, Sinta (Unknown)
Hambali, Denny (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh financial self-efficacy dan mental accounting terhadap perilaku keuangan Generasi Z di Kabupaten Sumbawa. Di tengah tantangan unik yang dihadapi Generasi Z dalam mengelola keuangan di era digital, penting untuk memahami faktor-faktor psikologis yang membentuk keputusan finansial mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda, yang melibatkan 100 responden Generasi Z di Kabupaten Sumbawa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat keyakinan individu terhadap kemampuannya dalam mengelola aspek-aspek keuangan, semakin bijaksana pula perilaku keuangan yang ditunjukkan. Serupa dengan itu, mental accounting juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan, yang mengindikasikan bahwa praktik kognitif untuk mengkategorikan dana secara mental efektif dalam membantu Generasi Z mengendalikan pengeluaran dan mencapai tujuan keuangan. Nilai Adjusted R-square sebesar 0,552 menunjukkan bahwa kedua variabel independen tersebut mampu menjelaskan 55,2% variabilitas dalam perilaku keuangan. Implikasi dari temuan ini menekankan pentingnya program edukasi keuangan yang tidak hanya berfokus pada pengetahuan, tetapi juga pada pembangunan kepercayaan diri (self-efficacy) dan pengenalan strategi praktis seperti mental accounting. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu para pemangku kepentingan, termasuk lembaga pendidikan dan pemerintah daerah, dalam merumuskan intervensi yang lebih efektif untuk meningkatkan kesehatan finansial Generasi Z di Kabupaten Sumbawa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...