Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Proccess

PENTINGNYA KEDISIPLINAN TENAGA PENDIDIK DI PESANTREN DARUL ISTIQAMAH CABANG KABUPATEN BANGGAI LAUT

Nurazizah, Siti (Unknown)
Syahid, Akhmad (Unknown)
Sudarmono R, Muh Aidil (Unknown)
Mustamin, Mustamin (Unknown)
Rosmiati, Rosmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab rendahnya disiplin dan upaya peningkatannya pada tenaga pendidik di Pondok Pesantren Darul Istiqamah Banggai Kabupaten Banggai Laut tahun ajaran 2022/2023. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil wawancara mengungkapkan beberapa faktor penyebab rendahnya disiplin: (1) Kegiatan lain di luar pondok pesantren; (2) Peraturan pondok pesantren yang kurang ketat; (3) Sikap yang santai dalam bekerja; (4) Kendaraan terbatas; dan (5) Jarak yang jauh dari rumah. Sebagai upaya peningkatan, pimpinan pondok pesantren telah dan akan menerapkan beberapa strategi: (1) Pemberian motivasi; (2) Pertemuan bulanan; (3) Pemberian sanksi/teguran; (4) Pengawasan peralatan; dan (5) Pertemuan rutin mingguan. Beberapa upaya masih dalam tahap perencanaan. Kesimpulan awal menunjukkan bahwa rendahnya disiplin dipengaruhi oleh faktor internal (sikap santai, kurangnya komitmen) dan faktor eksternal (aktivitas lain, keterbatasan kendaraan, jarak tempuh yang jauh). Upaya peningkatan yang dilakukan oleh kepala pesantren membutuhkan konsistensi dan dukungan dari seluruh staf pengajar. Saran untuk meningkatkan efektivitas antara lain: peningkatan komunikasi, pelatihan profesional, peningkatan kesejahteraan, fasilitas yang memadai, dan evaluasi berkala. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan di pesantren.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...