Journal of Islamic Law (EJIL)
Vol. 3 No. 2 (2025): Equality: Journal of Islamic Law (EJIL)

EFEKTIVITAS STRATEGI DIGITAL MARKETING BERBASIS EKONOMI SYARIAH DALAM MENINGKATKAN DONASI ZAKAT DI RUMAH ZAKAT INDONESIA

Efendi, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mendorong lembaga filantropi Islam untuk berinovasi dalam strategi penghimpunan zakat. Rumah Zakat sebagai salah satu lembaga amil zakat nasional menerapkan pendekatan digital marketing berbasis nilai-nilai ekonomi syariah dalam upaya meningkatkan partisipasi donatur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi digital marketing yang digunakan oleh Rumah Zakat dan mengevaluasi sejauh mana integrasi prinsip syariah di dalamnya berkontribusi terhadap peningkatan donasi zakat. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi, telaah pustaka, dan wawancara dengan tim pemasaran Rumah Zakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi digital marketing yang dilakukan melalui media sosial, website, aplikasi RZ Apps, iklan digital, email, dan WhatsApp blast secara signifikan berkontribusi terhadap peningkatan peng­himpunan zakat. Strategi ini dijalankan dengan prinsip-prinsip syariah seperti keadilan, transparansi, dan kebermanfaatan. Kebaruan dari studi ini terletak pada penggabungan prinsip syariah seperti transparansi, kepercayaan (amanah), dan keadilan dalam strategi pemasaran digital. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis bagi pengembangan filantropi Islam berbasis digital serta menjadi rujukan strategis bagi optimalisasi penghimpunan zakat di era ekonomi digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ejil

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Equality: Journal of Islamic Law (EJIL) adalah Jurnal pengembangan Hukum Islam yang diterbitkan pertama kali oleh Program Doktor Hukum Islam Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Terbit setiap enam bulan sekali sebagai media publikasi artikel ilmiah pada Bidang Hukum Islam. Isi atau artikel ...