Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 2 No. 7 (2025): JULI 2025

PENGGUNAAN MEDIA RODA HURUF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA SISWA KELAS 2 SDN 097522 JLN. MAHONI RAYA PERUMNAS BT.6

Novia Tiladur Natalin Siahaan (Unknown)
Zefany Liz Danela Napitu (Unknown)
Hermanson Sinaga (Unknown)
Shinta Febiola Siburian (Unknown)
Radode Kristianto Simarmata (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Kemampuan mengenal huruf merupakan keterampilan mendasar yang sangat penting dalam perkembangan kemampuan membaca dan menulis anak usia sekolah dasar. Melalui penelitian ini, penulis berupaya untuk mengetahui efektivitas media Roda Huruf dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada siswa kelas II SDN 097522 Jln. Mahoni Raya Perumnas Batu 6. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta lapangan yang menunjukkan adanya 10 dari 24 siswa kelas IIA yang masih mengalami kesulitan dalam mengenali huruf, terutama dalam membedakan huruf kapital dan huruf kecil serta penempatan huruf kapital yang tidak sesuai aturan penulisan. Bahkan, dari 10 siswa tersebut, 3 di antaranya juga tampak belum mampu menulis huruf dengan baik, dengan kesalahan penempatan huruf kapital di tengah kalimat. Setelah proses pembelajaran dengan media Roda Huruf diterapkan secara rutin dalam dua siklus tindakan kelas, terjadi peningkatan signifikan, di mana hanya tersisa 2 siswa yang masih mengalami kesulitan dalam mengenal huruf dan penggunaannya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media Roda Huruf efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf serta meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran yang menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...