JIMT: Jurnal Informatika, Multimedia dan Teknik
Vol 2 No 1 (2025): Juli-Desember 2025

Implementasi Business Intelligence untuk Analisis Kinerja Penjualan (Studi Kasus PT XYZ)

Maulana, Rifki (Unknown)
Putra, Reyhan Dwika (Unknown)
Rizky, Argyan Mochamad (Unknown)
Ruspandi (Unknown)
Yogaswara, Yogi Cahya (Unknown)
Khadir, Osewa Pallyama Sultan (Unknown)
Ningsih, Sri Bekti Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

PT XYZ merupakan sebuah perusahaan telekomunikasi di Kabupaten Sumedang, yang menghadapi tantangan dalam memahami kinerja penjualannya secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah sistem Business Intelligence (BI) yang mampu menyediakan analisis data terintegrasi untuk mendukung pengambilan keputusan strategis. Metodologi yang digunakan adalah Siklus Hidup Business Intelligence, dengan memanfaatkan Pentaho Data Integration untuk proses Extract, Transform, Load (ETL) dan Power BI untuk visualisasi, serta pemodelan data menggunakan skema bintang. Data penjualan historis diolah menjadi data warehouse yang menjadi sumber analisis. Hasil penelitian menunjukkan total penjualan mencapai Rp 436,73 Juta dengan total pajak sebesar Rp 48,04 Juta. Ditemukan pula adanya pola penjualan musiman dan perbedaan kinerja yang signifikan antar cabang. Sistem BI yang diimplementasikan berhasil menyediakan insight strategis yang dapat ditindaklanjuti, sehingga mendukung optimalisasi pemasaran dan manajemen keuangan perusahaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jimt

Publisher

Subject

Automotive Engineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering Engineering

Description

Jurnal Informatika, Multimedia dan Teknik (JIMT) adalah publikasi ilmiah yang berfokus pada penyebaran hasil penelitian terbaru dan pengembangan teknologi di bidang informatika, multimedia, dan teknik. Jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk berbagi ...