Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 8 No 1 (2017): JEB Vol 8 No 1 Juli 2017

PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA STASION PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) KOTARAJA KOTA JAYAPURA

Melmambessy, Dani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2017

Abstract

Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada SPBU Kotaraja Kota Jayapura. Hasil penelitian dibuktikan dengan bebrapa uji statistik yang menunjukkan bahwa: 1) hasil persamaan regresi linear sederhana yaitu Y= 0,054 + 0,977X. Dari persamaan regresi linear sederhana tersebut mengandung arti bahwa variabel kualitas layanan (X) sebesar 0,977 menunjukkan bahwa setiap kali peningkatan kualitas layanan, akan berdampak positif terhadap peningkatkan kepuasan pelanggan pada SPBU Kotaraja Kota Jayapura sebesar 0,977. 2) nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,977 menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat atau hampir sempurna antara variabel kualitas layanan terhadap variabel kepuasan pelanggan, 3) hasil koefisien determinasi (R²) sebesar 0,954 artinya bahwa variabel kualitas layanan mampu menerangkan atau mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan sebesar 0,954 atau 95,4% sedangkan sisanya 0,046 atau 4,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 4) nilai t hitung variabel kualitas layanan 31,443 > t tabel 2,0106 dengan nilai signifikansi 0,00 < α 0,05.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JURNAL EKONOMI DAN BISNIS kini hadir sebagai sarana komunikasi ilmiah yang mengkaji berbagai fenomena-fenomena sosial berupa kajian-kajian teori, konsep sosial, hasil penelitian maupun aplikasi sosial. Jurnal Ekonomi dan Bisnis adalah jurnal yang dibina dan diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu ...