Jurnal Sistem Informasi dan Teknik Informasi
Vol. 5 No. 2 (2025)

Evaluasi Pembelajaran Interaktif untuk SD Kelas 1-3 dengan Game Kuis Construct 3

Sarifudin, Amir (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Di era digital ini, pengetahuan dan teknologi semakin berkembang, begitu pula dengan cara aktivitas belajar mengajar yang semakin beragam, mulai dari cara belajar manual hingga menggunakan teknologi seperti game edukasi. Salah satu tantangan dalam pendidikan adalah kurangnya interaktivitas dan motivasi dalam metode pembelajaran tradisional dan penyampaian materi Pembelajaran dilakukan secara monoton sehingga siswa bosan dan minat dalam belajar berkurang. Oleh, karena itu dilakukan media pembelajaran yang berkreasi dengan dilengkapi animasi yang cukup menarik contohnya pada pengembangan media pembelajaran aplikasi Android berbasis Construct 3. Media pembelajaran ini dibuat untuk mempermudah dan memberikan fasilitas belajar kepada peserta didik maupun guru di kelas. bahwa media pembelajaran sangat layak untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga respon peserta didik terhadap media pembelajaran dapat menarik antusiasme dalam Pembelejaran. Berdasarkan masalah-masalah yang telah dijelaskan sebelumnya maka diperlukan suatu media pembelajaran yang dapat menunjang pembelajaran untuk siswa. Pada penelitian ini digunakan metode R&D sebagai metode penelitiannya. Dan pengembangan media pembelajaran berjenis kuis dengan materi di skolah untuk siswa kelas 1-3 sd akan dikembangkan dengan menggunakan Construct 3 yang dapat dimainkan pada smartphone Android.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

SANTI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Medicine & Pharmacology Other

Description

SANTI - Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi diterbitkan 3 (tiga) kali dalam setahun pada bulan Maret, Juli dan November oleh Yayasan Rahmatan Fiddunya Wal Akhirah dalam membantu para akademisi, peneliti dan praktisi untuk menyebarkan hasil penelitiannya. Tujuan Jurnal SANTI adalah ...