Pemindahan ibu kota negeri merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan akses pendidikan yang berkualitas. Salah satu lembaga pendidikan yang harus mendapat perhatian secara khusus adalah lembaga pendidikan anak usia dini. Lembaga ini memiliki peran penting dalam menempatkan nilai-nilai dasar karakter peserta didik. Oleh karena itu, guru Pendidikan Anak Usia Dini harus memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk mewujudkan sekolah yang berkualitas. Dinamika di lapangan menujukkan bahwa sebagian besar guru belum memahami pentingnya karya ilmiah untuk mendukung kompetensi diri, rendahnya motivasi dan belum memiliki kemampuan untuk menulis karya ilmiah. Maka perlunya kegiatan pendampingan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru. melalui pendampingan penulisan karya ilmiah. Kegiatan ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Parsipatif. Metode pendampingan dilakukan dengan ceramah, diskusi dan praktik. Hasil pendampingan menunjukkan para peserta memahami pentingnya karya ilmiah, memiliki motivasi yang tinggi untuk menulis karya ilmiah. Peserta mampu menulis dan mengirimkan artikel.
Copyrights © 2025