Jurnal Abdimas Mahakam
Vol. 9 No. 02 (2025): Juli

Storystage: Merajut Karakter Anak melalui Panggung Cerita Interaktif di Sekolah Dasar Negeri 2 Lamangga

Aminu, Nurmin (Unknown)
Aswat, Hijrwatil (Unknown)
Riskayati, Anisa (Unknown)
Purnamasari, Wa Ode Dian (Unknown)
Kamarudin (Unknown)
S, Yesa Putri. (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2025

Abstract

Penanaman nilai-nilai karakter sejak usia dini merupakan fondasi penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan berkepribadian kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi dan dampak program Storystage, yaitu media pembelajaran berbasis panggung cerita interaktif yang dikembangkan untuk menumbuhkan karakter positif pada siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Lamangga. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Storystage mampu menciptakan ruang ekspresi yang menyenangkan dan mendidik, di mana siswa tidak hanya menjadi penonton tetapi juga pelaku aktif dalam alur cerita yang sarat pesan moral. Nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, kerja sama, dan kepedulian sosial tertanam secara natural melalui peran dan interaksi dalam cerita. Program ini juga meningkatkan keterampilan komunikasi, empati, dan kepercayaan diri siswa. Kesimpulannya, Storystage menjadi alternatif pembelajaran yang efektif dan kreatif dalam merajut karakter anak melalui pendekatan yang kontekstual dan partisipatif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

abdimasmahakam

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

This journal contains a scientific manuscript published by the Institute of Research and Community Service, Widya Gama Mahakam Samarinda University with frequency published 2 times a year. ...