Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh Brain Gym terhadap tingkat ketakutan anak prasekolah pada hari pertama hospitalisasi di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan quasi-eksperimental pre-post test tanpa kelompok kontrol. Sampel berjumlah 34 anak prasekolah yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat ketakutan adalah kuesioner skala ketakutan anak prasekolah. Analisis data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan tingkat ketakutan sebelum dan sesudah intervensi Brain Gym pada hari pertama dan kedua hospitalisasi. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan signifikan tingkat ketakutan anak setelah intervensi Brain Gym baik pada hari pertama maupun hari kedua hospitalisasi (p < 0,05). Simpulan: Brain Gym efektif dalam menurunkan tingkat ketakutan anak prasekolah selama hospitalisasi. Penelitian ini direkomendasikan sebagai dasar penerapan Brain Gym sebagai intervensi non-farmakologis dalam perawatan anak di rumah sakit.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025