SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 17 No. 1: Juni 2025

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN MAHASISWA DI KELAS KALKULUS LANJUT MENURUT NEUROSAINS

Agustin, Sara Sarita (Unknown)
Rudhito, Marcellinus Andy (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan mahasiswa dalam mata kuliah Kalkulus Lanjut berdasarkan perspektif neurosains. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan teknik uji korelasi untuk mengevaluasi hubungan antara variabel-variabel, seperti pengalaman belajar sebelumnya, memori kerja, pemecahan masalah, kecemasan matematika, dan dukungan sosial terhadap hasil akademik mahasiswa. Sampel terdiri dari 15 mahasiswa program studi Pendidikan Matematika yang mengikuti kelas Kalkulus Lanjut pada Tahun Ajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman sebelumnya, memori kerja, dan pemecahan masalah memiliki hubungan positif signifikan terhadap nilai akademik. Sebaliknya, kecemasan matematika dan lingkungan belajar yang tidak mendukung memberikan dampak negatif signifikan. Penelitian ini memberikan wawasan untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip neurosains, guna meningkatkan hasil belajar mahasiswa di mata kuliah Kalkulus Lanjut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to publish research in mathematics education including teaching and learning, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, and educational development from many kinds of research such as survey, research and development, ...