Journal of Islamic Economics Studies and Practices (JIESP).
Vol. 4 No. 1 (2025): Juni

Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Serum Implora di Shopee

Izha Purnamasari, Shafina (Unknown)
Adi Putranto, Hanafi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh electronic word of mouth (E-WOM) dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada produk skincare. Hasil analisis menunjukkan bahwa E-WOM tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya citra merek memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menyoroti pentingnya memperhatikan ulasan online untuk meningkatkan keputusan pembelian. Oleh karena itu, perusahaan perlu aktif mendengarkan umpan balik dari konsumen dan melakukan perbaikan berdasarkan masukan tersebut akan menunjukkan bahwa perusahaan menghargai kepuasan pelanggan. Melalui upaya- upaya tersebut, tidak hanya akan meningkatkan citra perusahaan namun juga dapat meningkatkan keputusan pembelian. Selain itu, perusahaan dapat menyediakan layanan pelanggan atau customer care yang responsif melalui fitur chatting di Shopee dengan menjawab berbagai pertanyaan konsumen dengan fast respon, memberikan jaminan dan garansi apabila produk yang dijual tidak asli dan apabila terjadi kesalahan dalam pengiriman produk, memastikan barang yang dijual sesuai dengan deskripsi, serta menjamin produk sampai di tangan konsumen dengan aman. Temuan penelitian ini memperjelas bahwa untuk meningkatkan keputusan pembelian, perhatian yang seimbang terhadap E-WOM dan citra merek sangatlah penting.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIESP

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Islamic Economics Studies and Practices (JIESP) invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Islamic economics, Islamic public finance, Islamic finance, Islamic accounting, Islamic business ethics, Islamic ...