Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pajak, Kepemilikan asing, dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing pada perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclical yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2019-2023. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 20 perusahaan. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan dari setiap perusahan yang telah dijadikan sampel penelitian. Metode regresi data panel digunakan sebagai metodologi penelitian pada penelitian ini. Analisa hasil penelitian menggunakan bantuan prangkat lunak Eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Pajak, Kepemilikan asing, dan Mekanisme bonus berpengaruh Terhadap Transfer Pricing. Secara parsial Pajak, Kepemilikan asing, Mekanisme bonus, berpengaruh Terhadap Transfer Pricing, Mekanisme bonus tidak berpengaruh terhadap Transfer Pricing. Kata kunci: Pajak, Kepemilikan asing, Mekanisme bonus, Transfer pricing
Copyrights © 2025