SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 8, No 2 (2025): July - December

Pengaruh Hedonism Dan Environmental Awareness Terhadap Konsumsi Fashion Berkelanjutan Peran Mediasi Sikap Pro Lingkungan

Wiryawan, Sakti (Unknown)
Kuswati, Rini (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

Perkembangan dalam peningkatan industri fashion menghadapi hambatan signifikan dalam mempromosikan konsumsi berkelanjutan, terutama mengenai faktor-faktor penentu yang membentuk proses pengambilan keputusan konsumen. Investigasi ini berupaya mengevaluasi dampak hedonisme dan kesadaran lingkungan terhadap sikap pro-lingkungan dan konsumsi mode berkelanjutan. Menggunakan metodologi kuantitatif melalui Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS), penelitian mengungkapkan bahwa kesadaran lingkungan memberikan pengaruh yang cukup besar pada sikap pro-lingkungan dan konsumsi mode berkelanjutan. Sikap pro-lingkungan secara positif mempengaruhi keputusan yang terkait dengan konsumsi mode berkelanjutan, sedangkan hedonisme tidak menunjukkan dampak yang signifikan. Hasil ini menggarisbawahi peran penting pendidikan lingkungan dan teknik pemasaran inovatif dalam meningkatkan keterlibatan konsumen dengan produk fashion berkelanjutan. Akibatnya, dukungan dari pembuat kebijakan dan kolaborasi dalam industri sangat penting untuk mempercepat pergeseran menuju konsumsi mode yang lebih ramah lingkungan dengan menumbuhkan kecenderungan yang lebih besar untuk perilaku sadar lingkungan di antara konsumen. Studi ini menawarkan wawasan berharga untuk perumusan strategi keberlanjutan dalam sektor mode.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...