Saat ini, penggunaan gadget telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, termasuk bagi siswa sekolah dasar. Gadget sering digunakan untuk menunjang proses pembelajaran, namun penggunaan yang berlebihan dan tidak terkontrol dapat berdampak negatif terhadap prestasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan gadget terhadap nilai akademik siswa sekolah dasar dengan menerapkan metode Naïve Bayes sebagai teknik klasifikasi. Metode Naïve Bayes digunakan untuk mengklasifikasikan data berdasarkan beberapa variabel, yaitu durasi penggunaan gadget, jenis aktivitas dengan gadget, dan pola belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan gadget dengan durasi yang terkontrol dan untuk ak-tivitas edukatif cenderung memiliki nilai akademik lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang menggunakan gadget secara berlebihan untuk hiburan. Selain itu, pola belajar yang lebih ter-struktur, seperti belajar secara mandiri atau dengan bimbingan, ber-kontribusi positif terhadap prestasi akademik siswa. Penelitian ini memberikan wawasan mengenai pentingnya pengawasan dan pengelolaan penggunaan gadget bagi siswa sekolah dasar. Dengan adanya hasil ini, diharapkan orang tua dan pendidik dapat lebih bijak dalam mengarahkan penggunaan gadget agar lebih optimal dalam mendukung proses pembelajaran.
Copyrights © 2025