Transformasi pembelajaran digital di perguruan tinggi semakin pesat, terutama setelah pandemi COVID-19 yang mendorong penggunaan platform daring seperti Microsoft Teams. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan dan kepuasan mahasiswa Universitas XYZ terhadap penggunaan Microsoft Teams dalam proses belajar. Model Technology Acceptance Model (TAM) digunakan dengan empat variabel utama: Perceived Usefulness (PU), Perceived Ease of Use (PEOU), Behavioral Intention to Use (BI), dan Actual System Use (AS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 345 responden melalui metode stratified disproportional random sampling. Data dianalisis menggunakan teknik Structural Equation Modeling–Partial Least Squares (SEM–PLS) untuk menguji validitas, reliabilitas, dan hubungan antar variabel. Hasil menunjukkan bahwa PU dan PEOU berpengaruh signifikan terhadap BI, yang kemudian berdampak positif terhadap AS. Semua hipotesis terbukti valid secara statistik. Temuan ini menegaskan bahwa persepsi terhadap kegunaan dan kemudahan penggunaan Microsoft Teams sangat berperan dalam meningkatkan intensi dan penggunaan aktual, yang mendukung kepuasan pengguna. Studi ini memberikan rekomendasi bagi institusi pendidikan untuk mengoptimalkan Microsoft Teams dalam pembelajaran digital berkelanjutan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025