Tingginya intensitas penggunaan media sosial, khususnya Instagram, mendorong banyak pasangan calon kepala daerah untuk memanfaatkannya sebagai sarana kampanye politik. Hal ini disebabkan karena tingginya intensitas penggunaan di kalangan pemilih muda. Di media sosial informasi yang diperoleh dari tidak selalu valid, karena rentan terhadap bias, manipulasi citra, dan kurangnya verifikasi fakta. Tujuan dari kajian ilmiah ini adalah menjelaskan pengaruh media sosial terhadap perialku pemilih Gen Z pada Pilkada 2024 di Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Dengan menyebarkan kuesioner kepada responden Gen Z di Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling. Analisis yang digunakan ialah Regresi Logistik Multinomial, karna salah satu variabel merupakan data nominal. Setelah dilakukan penelitian didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh antara media sosial Instagram terhadap perilaku pemilih Gen Z pada Pilkada 2024 di Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman.
Copyrights © 2025