Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 4 (2025): Simposium Manajemen dan Bisnis

PENGARUH BUZZ MARKETING, ONLINE CUSTOMER REVIEW, DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (MAMNA HIJAB)

Aini, Najihah Nur (Unknown)
Aliami, Sri (Unknown)
Paramitha, Dyah Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh buzz marketing, online customer review, dan online customer rating terhadap keputusan pembelian konsumen di platform e-commerce Shopee, dengan studi kasus pada Mamna Hijab. Fenomena belanja online meningkat seiring dengan kemajuan teknologi dan berbagai strategi pemasaran. Kehadiran buzz marketing, adanya ulasan dan penilaian online, sangat berperan dalam menentukan keputusan konsumen. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner Google Form dan penentuan sampel secara purposive sampling dengan jumlah 40 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda melalui SPSS versi 27. Hasil penelitian ini membuktikan apabila Buzz Marketing berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan online customer review dan online customer rating baik secara parsial maupun simultan, berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi teoretis dalam pengembangan ilmu pemasaran digital serta manfaat praktis bagi pelaku usaha dalam mengoptimalkan strategi komunikasi pemasaran online untuk meningkatkan penjualan dan membangun kepercayaan konsumen.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...