Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 4 (2025): Simposium Manajemen dan Bisnis

ANALISIS OCR, PD, DAN TP TERHADAP IMPULSE BUYING PADA LIVE STREAMING SHOPEE

Putri, Ellysya Tallita (Unknown)
Muslih, Basthoumi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh OCR, PD, dan TP terhadap impulse buying pada live streaming Shopee. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Populasi pada penelitian ini adalah 314 mahasiswa aktif Program Studi Manajemen angkatan 2021 di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sampel sebanyak 183 responden diperoleh menggunakan pendekatan Slovin dengan toleransi kesalahan 5% menggunakan pendekatan simple random sampling, dengan kriteria pengguna aktif Shopee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa OCR, PD, dan TP berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, baik secara parsial maupun simultan. Temuan ini menunjukkan bahwa ketiga faktor tersebut menjadi pendorong utama perilaku pembelian impulsif selama live streaming berlangsung. Kebaruan penelitian terletak pada fokus terhadap perilaku impulse buying mahasiswa di platform Shopee Live, yang masih jarang dikaji dalam konteks e-commerce di Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...