Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh OCR, PD, dan TP terhadap impulse buying pada live streaming Shopee. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Populasi pada penelitian ini adalah 314 mahasiswa aktif Program Studi Manajemen angkatan 2021 di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sampel sebanyak 183 responden diperoleh menggunakan pendekatan Slovin dengan toleransi kesalahan 5% menggunakan pendekatan simple random sampling, dengan kriteria pengguna aktif Shopee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa OCR, PD, dan TP berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, baik secara parsial maupun simultan. Temuan ini menunjukkan bahwa ketiga faktor tersebut menjadi pendorong utama perilaku pembelian impulsif selama live streaming berlangsung. Kebaruan penelitian terletak pada fokus terhadap perilaku impulse buying mahasiswa di platform Shopee Live, yang masih jarang dikaji dalam konteks e-commerce di Indonesia.
Copyrights © 2025