Prosiding Simposium Nasional Manajemen dan Bisnis
Vol. 4 (2025): Simposium Manajemen dan Bisnis

PENGARUH INOVASI PRODUK, MEDIA SOSIAL, DAN HARGA TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN GRIYA DHAHAR DURIAN SLUMBUNG PAK MULYONO

Melati, Putri Ayu Sukma (Unknown)
Kusumaningtyas, Dian (Unknown)
Damayanti, Susi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis bagaimana pengaruh inovasi produk, media sosial, dan harga terhadap peningkatan penjualan pada Griya Dhahar Durian Slumbung, sebuah UMKM yang mengolah produk berbasis durian khas Kabupaten Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Griya Dhahar Durian Slumbung, dengan jumlah yang tidak diketahui secara pasti. Sampel diambil sebanyak 40 responden menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linier berganda menggunakan bantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  inovasi produk memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan, media sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan serta menjadi variabel paling dominan dalam meningkatkan penjualan, harga memiliki pengaruh signifikan namun dengan arah negatif terhadap peningkatan penjualan, dan secara simultan, inovasi produk, media sosial, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan di Griya Dhahar Durian Slumbung. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada fokus kajian terhadap UMKM berbasis produk musiman, yakni durian, yang menekankan strategi inovasi dan digitalisasi pemasaran untuk menjaga keberlanjutan penjualan sepanjang tahun. Penelitian ini juga memberikan kontribusi praktis bagi pelaku UMKM dalam menyusun strategi harga yang adaptif agar tetap kompetitif di tengah fluktuasi pasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

simanis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Prosiding Simposium Nasional Manajemen Bisnis menerbitkan penelitian dalam disiplin ilmu yang disediakan aplikasi untuk manajemen, serta penelitian di bidang-bidang seperti Manajemen Strategi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, Teknologi Keuangan, ...