Tujuan dari komunikasi pemasaran adalah untuk memberikan informasi, membujuk, dan mengingatkan. Namun, beberapa bentuk komunikasi yang disampaikan bisa saja tidak sesuai dengan tujuan yang dimaksud, sehingga menimbulkan permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Rivera Outbound dan Edutaiment. Penelitian ini mengacu pada teori komunikasi pemasaran menurut Tjiptono dengan lima indikator, yaitu promosi, periklanan, penjualan personal, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, partisipasi aktif, dokumentasi dan wawancara dengan Manajer Komunikasi Pemasaran Rivera. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan komunikasi pemasaran di Rivera sudah cukup baik berdasarkan lima indikator tersebut. Berdasarkan hasil tersebut, diharapkan pihak Rivera dapat melakukan evaluasi rutin terhadap respon audiens dilakukan guna menyesuaikan strategi dengan kebutuhan dan tren pasar yang terus berkembang.
Copyrights © 2025