Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Komunikasi Interpersonal berlangsung dalam pengembangan diri mahasiswa, serta faktor apa yang menjadi pendorong dan penghambat selama program Magang Merdeka. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 6 informan, yang terdiri dari 5 Mahasiswa dan 1 Mentor di PT. Menara Indonesia. Objek yang diteliti adalah Pola Komunikasi Interpersonal antara Mentor dan Mahasiswa selama Program Magang Merdeka di PT. Menara Indonesia, dengan teori Komunikasi Interpersonal Devito yang menggunakan 4 indikator yaitu Dimensi Sosial-Psikologis, Dimensi Fisik, Dimensi Temporal, dan Dimensi Budaya. Metode penelitian Yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola Komunikasi Interpersonal yang diterapkan antara mentor dan mahasiswa dalam program Magang Merdeka berjalan efektif, sesuai dengan teori komunikasi interpersonal yang menunjukkan keselarasan dengan prinsip-prinsip teori tersebut. Dan menyatakan bahwa penyesuaian kedekatan, tempat, waktu, dan budaya komunikasi sangat mempengaruhi efektivitas interaksi. Sehingga, dengan penelitian ini mengonfirmasi bahwa komunikasi interpersonal yang efektif berperan penting dalam mendukung proses pengembangan diri mahasiswa.
Copyrights © 2025