J-CEKI
Vol. 4 No. 5: Agustus 2025

Media Sosial Instagram sebagai Sarana Kampanye Sosial Pengelolaan Sampah Makanan "Pilah Olah" oleh Garda Pangan

Safitri, Aqila (Unknown)
Aditya Rahman Yani (Unknown)
Widyasari, Widyasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Masalah sampah makanan Indonesia, khususnya di kota metropolitan Surabaya, menjadi persoalan serius yang berdampak pada banyak sektor. Penelitian ini ditujukan untuk merancang kampanye media sosial dengan nama “Pilah Olah” bersamaan dengan Garda Pangan. Target utama pada penelitian ini ibu rumah tangga berusia 25-35 tahun yang setidaknya memasak satu kali sehari di Surabaya dengan metode pendekatan kualitatif melalui wawancara, observasi dan FGD (Forum Group Discussion). Hal ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi kebutuhan strategi komunikasi dan pendekatan kreatif yang tepat agar sesuai dengan target audiens butuhkan. Hasil penelitian menunjukkan kampanye media sosial dengan visual yang segar, copywriting persuasif, dan ajakan aplikatif mampu meningkatkan kesadaran dan mendorong perubahan perilaku target audiens secara mudah, praktis dan bernilai ekonomis. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan pendekatan baru dalam mengangkat isu ini terutama bagi Garda Pangan mendorong keikutsertaan dan perubahan perilaku melalui persuasi yang dirancang untuk tepat sasaran terutama dalam kampanye sosial berbasis digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...