Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh soft skill dan hard skill terhadap kesiapan kerja mahasiswa, serta peran pengalaman magang sebagai variabel moderasi. Menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner dari mahasiswa Manajemen FEB UNRI Angkatan 2021 yang telah mengikuti magang di perusahaan BUMN. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, dan analisis data dilakukan dengan uji regresi moderasi melalui SPSS 27. Hasil menunjukkan bahwa soft skill dan hard skill berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja, baik secara parsial maupun simultan. Pengalaman magang juga terbukti memoderasi hubungan tersebut. Namun, pengalaman magang memoderasi pengaruh soft skill dengan arah negatif, sedangkan pada hard skill menunjukkan arah positif. Temuan ini menekankan pentingnya penguasaan hard skill dan pengalaman magang dalam meningkatkan kesiapan kerja mahasiswa, serta perlunya pengembangan soft skill yang lebih efektif agar berdampak positif dalam menghadapi tantangan dunia kerja global.
Copyrights © 2025