Journal of Islamic Studies
Vol 3 No 1 (2025): Vol. 3 No. 1 (2025): Journal of Islamic Studies (Juli)

PERSEPSI REMAJA KECAMATAN SAWANGAN TERHADAP KONTEN DAKWAH DI AKUN INSTAGRAM @USTADZABDULSOMAD_OFFICIAL

Kamil, Muhammad Rizki Insan (Unknown)
Sobirin (Unknown)
Abdurrazaq, Muhammad N. (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi remaja terhadap konten dakwah di akun Instagram @ustadzabdulsomad_official serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Di tengah masifnya penggunaan media sosial sebagai sarana dakwah, pemahaman terhadap penerimaan audiens muda menjadi sangat penting. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap 10 informan remaja di Kecamatan Sawangan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja memandang konten dakwah Ustadz Abdul Somad secara positif, karena disampaikan secara ringkas, jelas, dan mudah dipahami. Konten tersebut dinilai berhasil menambah wawasan keagamaan, khususnya terkait pentingnya menjaga hati dari sifat iri dan dengki. Faktor internal yang paling berpengaruh terhadap persepsi remaja adalah preferensi terhadap stimulus audiovisual (melihat dan mendengar) serta ketertarikan pada konten yang memadukan humor dan pesan motivasi. Temuan ini menunjukkan bahwa efektivitas dakwah digital bagi remaja sangat ditentukan oleh gaya penyampaian yang ringkas dan menghibur, sesuai dengan preferensi sensorik dan minat mereka. Kata Kunci: Media Dakwah, Instagram, Persepsi, Remaja

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jis

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal of Islamic Studies is managed and published by IAI Al-Zaytun Indonesia. JIS focus is related to the study of Islamic society which consists of Islamic Science and Civilization, Islamic thought, the Muslim community, Islamic philosophy, Islam and Peace, Islamic education, Islamic law, ...