JUANG: Jurnal Wahana Konseling
Vol. 8 No. 1 (2025): JUANG: Jurnal Wahana Konseling

Konseling Individu Pendekatan REBT: Meningkatkan Achievement Siswa Korban Bullying

Taufik, Ilham (Unknown)
Prasetyanto, Ginanjar (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2025

Abstract

Bullying merupakan permasalahan serius di dunia pendidikan yang berdampak negatif terhadap aspek emosional, sosial, dan akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam meningkatkan motivasi belajar (achievement) siswa korban bullying. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada seorang siswa di SMA Negeri 1 Muncar, Banyuwangi, yang mengalami bullying dan menunjukkan penurunan prestasi belajar serta masalah psikologis lainnya. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses konseling REBT diterapkan melalui tujuh tahap, mulai dari identifikasi self-talk klien hingga evaluasi keyakinan rasional dan perubahan perilaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan REBT efektif dalam membantu korban bullying untuk mengenali dan menggantikan keyakinan irasional, meningkatkan kesejahteraan emosional, serta memulihkan semangat dan motivasi belajar. Temuan ini memperkuat peran penting REBT sebagai intervensi psikologis dalam mendukung pemulihan siswa yang mengalami trauma akibat bullying.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

juang

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JUANG: JURNAL WAHANA KONSELING JUANG merupakan jurnal konseling yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Palembang. Tujuan dari jurnal ini adalah mempublikasikan artikel atau karya ilmiah berupa penulisan teoritis dan praktis, serta hasil penelitian baik ...