Jurnal Sains Informatika Terapan (JSIT)
Vol. 4 No. 2 (2025): Jurnal Sains Informatika Terapan (Juni, 2025)

Rancang Bangun E-Learning Interaktif Dengan Gamifikasi Di SMPN 01 Tambakromo

Safera, Asywila Huda (Unknown)
Arifin, Muhammad (Unknown)
Fithri, Diana Laily (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat telah membuka peluang inovasi dalam bidang pendidikan, khususnya melalui penerapan pembelajaran digital. SMPN 01 Tambakromo sebagai institusi pendidikan menengah masih mengandalkan metode pembelajaran konvensional seperti ceramah dan buku teks, yang seringkali menyebabkan partisipasi siswa rendah serta menurunkan motivasi belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengusulkan pengembangan platform e-learning interaktif yang diintegrasikan dengan elemen gamifikasi. Sistem ini dirancang untuk mendukung pembelajaran aktif dengan menerapkan fitur seperti pemberian poin, level, tantangan, dan papan peringkat guna menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan memotivasi. Proses pengembangan menggunakan metode waterfall dan diuji berdasarkan aspek fungsionalitas, usability, dan efektivitas dalam meningkatkan keterlibatan siswa. Hasil pengujian menunjukkan bahwa integrasi gamifikasi dalam e-learning interaktif mampu meningkatkan partisipasi siswa, mendorong motivasi, serta membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Pendekatan ini diharapkan dapat menjadi model pembelajaran digital yang relevan bagi sekolah jenjang menengah pertama.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsit

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering

Description

The scope of this journal is all about Computer Science that are: 1. Artificial Intelligence 2. Computer System 3. Data Mining 4. Information System 5. Decision Support System (DSS) ...