Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
Vol 8, No 1 (2025): Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), August

Dampak Self Efficacy Dan Locus of Control Terhadap Minat Berwirausaha Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Amir Hamzah Medan

Siregar, Taufik Hidayah (Unknown)
Yunita, Nindya (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Dampak Self Efficacy dan Locus Of Control Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Amir Hamzah Medan”. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi sebanyak 86 siswa siswi dengan menggunakan teknik sampling jenuh, maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 86 responden diambil dari seluruh populasi dijadikan responden penelitian. Berdasarkan uji t Self Efficacy dengan nilai thitung > ttabel (2,821 > 1,988) dengan tingkat signifikan 0,006 < 0,05 kemudian variabel Locus Of Control diperoleh thitung > ttabel (3,724 > 1,988) dengan demikian dapat disimpulkan variabel Self Efficacy dan Locus Of Control secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Amir Hamzah Medan. Nilai Fhitung > Ftabel (33,664 > 3,11) dengan sig 0,000 < 0,05 menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa variabel Self Efficacy dan Locus Of Control secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Amir Hamzah Medan. Koefisien determinasi (KD) = R2 X 100%, sehingga diperoleh KD = 0,435%. Angka tersebut menunjukkan bahwa sebesar 43,5% Keputusan minat berwirausaha (variabel terikat) dapat dijelaskan oleh variabel Self Efficacy dan Locus Of Control. Sisanya sebesar 56,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jehss

Publisher

Subject

Health Professions Public Health Social Sciences

Description

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), publish by Mahesa Research Center, for sources of information and communication for academics and observers about science and methodology. Published papers are the results of research, reflection, and actual critical studies with respect ...