Pelayanan kesehatan merupakan bentuk pelayanan yang diberikan kepada klien oleh suatu tim multi disiplin. Pelayanan kesehatan pada masa kini sudah merupakan industri jasa kesehatan utama di mana setiap rumah sakit bertanggung jawab terhadap penerima jasa pelayanan kesehatan.Penelitian ini meneliti tentang tingkat kepuasan pasien di Puskesmas X Palembang yang dilaksanakan pada Juni 2025. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang datang berkunjung/berobat di Puskesmas X Palembang dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 99 responden. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Cross-sectional yaitu penelitian yang mempelajari variabel sebab atau resiko dan akibat yang terjadi pada objek, penelitiaan ini dengan cara pendekatan, observasi, atau pengumpulan data sekaligus pada suatu saat antara variabel independen dan variabel dependen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien bahwa pelayanan administrsi baik yaitu sebanyak 74 responden (74,7%) dan 25 responden (25,3%) yang menyatakan tidak baik terhadap pelayanan administrasi p value = 0,020. Sedangkan pada variabel pelayanan petugas kesehatan ada sebanyak 71 responden (71,7%) yang menyatakan bahwa pelayanan petugas kesehatan baik dan 28 responden (28,3%) yang menyatakan pelayanan petugas kesehatan tidak baik p value = 0,029. Penyajian hasil penelitian berbentuk tabel distribusi frekuensi dan persentase lalu hasil penelitian dibahas serta di buat kesimpulan secara umum. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar responden menyatakan pelayanan kesehatan di Puskesmas X Palembang telah baik dan perlu ditingkatkan lagi.
Copyrights © 2025