AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 8 No 4 (2024): November

Pendampingan Implementasi Literasi dan Numerasi di SDN 1 Ngendut, Ponorogo

Chasanatun, Fida Chasanatun (Unknown)
Pujiati, Pujiati (Unknown)
Muktiani, Erlin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

SDN 1 Ngendut merupakan salah satu sekolah dasar di Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. SDN 1 Ngendut merupakan salah satu sekolah dasar dalam kategori 3T, karena tidak adanya fasilitas yang memadai untuk menunjang belajar siswa baik dalam aspek literasi dan numerasi maupun adaptasi teknologi. Sekolah dasar ini dipilih sebagai sasaran karena kondisi dan keberadaannya di kawasan tertinggal yang mana sekolah dengan kondisi tersebut merupakan sasaran prioritas nasional. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah: 1. Mengenalkan bantuan kepada guru untuk melaksanakan kegiatan mengajar dengan mengimplementasikan aspek literasi dan numerasi. 2. Memberikan edukasi terkait adaptasi teknologi kepada siswa-siswi SDN 1 Ngendut dengan memberikan pendampingan dan pelatihan computer. Metode yang dilakukan meliputi Survey, Penyusunan program, Realisasi program, Pendampingan, Monitoring dan Evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa SDN 1 Ngendut, peningkatan kemampuan guru dalam mengimplementasikan aspek literasi dan numerasi di kelas. Peningkatan skill terhadap adaptasi teknologi baik untuk siswa maupun guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Axiologiya

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Aksiologiya merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang menjadi wadah ilmiah untuk pengabdian. Artikel merupakan hasil dari IbM, IbW, IbPE, IbIKK, atau pengabdian lainnya yang berasal dari non ...