Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEK
Vol. 5 No. 2 (2025): Edisi Juli 2025

Sosialisasi Penggunaan E-commerce Pada Pemasaran Beras di Kabupaten Serdang Bedagai

Rachmawati, Yeni (Unknown)
Zubaidah Hanum (Unknown)
Ekatri Ayuningsih (Unknown)
Asmaul Husna (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Petani di kabupaten Serdang Bedagai masih menggunakan saluran pemasaran konvensional yang melibatkan tengkulak dalam pemasarannya. Keterlibatan agen pemasaran ini membuat petani lemah dalam menentukan harga beras. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi kepada petani mengenai penggunaan e-commerce dan diskusi rutin bersama petani. Kajian ini dilakukan untuk memberikan pandangan bahwa penggunaan e-commerce pada pemasaran beras di Kabupaten Serdang Bedagai memberikan peluang pada peningkatan kesejahteraan petani dan dapat mengurangi ketergantungan petani kepada kilang (tengkulak). Berdasarkan hasil kegiatan yang dilakukan diketahui bahwa petani belum mengoptimalkan penggunaan e-commerce dalam praktik pemasarannya karena minimnya literasi digital, minimnya pengetahuan petani dan minimnya pelatihan digital pemasaran. Namun penggunaan e-commerce sangat mungkin diterapkan dengan adanya kesediaan petani untuk memanfaatkan e-commerce dalam praktik pemasarannya. Untuk menjawab tantangan tersebut maka perlu dilakukan pelatihan secara berkala dan pendampingan rutin.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

adbimasiptek

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal for publication of the results of Community Service Based on the Application of Science and Technology. The journal provides direct open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of ...