SWADIMAS: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Vol 3, No 2 (2025): SWADIMAS EDISI JULI 2025

PENGUATAN NILAI KARAKTER KESADARAN ANTI BULLYING PADA ANAK MELALUI PERTUNJUKAN SOSIODRAMA

Azizah, Annafi Nurul Ilmi (Unknown)
Mardita, Al (Unknown)
Tsabitha, Hanifah Adya (Unknown)
Ramadhania, Nova (Unknown)
Salma, Rochdiyah Kurnia (Unknown)
Muna, Firkha Naili (Unknown)
Aprilianingrum, Dwi Ayu (Unknown)
Makarima, Arina (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2025

Abstract

This community service project aims to strengthen anti-Bullying values in early childhood through sociodrama activities at Perwanida Gatak Kindergarten. Bullying is a social problem that can negatively impact children's psychological and social development. Therefore, instilling anti-Bullying values from an early age is crucial through engaging and interactive methods. Sociodrama was chosen as a learning medium because it can depict real situations dramatically and actively involve children in different social roles. This performance showcases various forms of Bullying and offers solutions to address them. The methods used include activity preparation, initial observation and identification of needs, implementation/performance of the drama, and reflection and evaluation. The results of the community service show an increase in children's awareness of the importance of respecting friends, rejecting Bullying behavior, and fostering empathy and cooperation. Sociodrama has proven effective as a fun character education tool, building a positive and safe learning environment for early childhood.Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menguatkan nilai-nilai anti-Bullying pada anak usia dini melalui kegiatan sosiodrama di TK Perwanida Gatak. Bullying merupakan masalah sosial yang dapat berdampak negatif pada perkembangan psikologis dan sosial anak. Oleh karena itu, penanaman nilai anti-Bullying sejak dini sangat penting dilakukan melalui metode yang menarik dan interaktif. Sosiodrama dipilih sebagai media pembelajaran karena dapat menggambarkan situasi nyata secara dramatik dan melibatkan anak secara aktif dalam peran-peran sosial yang berbeda. Pertunjukan ini menggambarkan berbagai bentuk Bullying dan solusi penyelesaiannya. Metode yang digunakan mencakup Persiapan kegiatan, Observasi awal dan Identifikasi Kebutuhan, Pelaksanaan/Pementasan Drama, serta Refleksi dan Evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan kesadaran anak tentang pentingnya menghargai teman, menolak perilaku Bullying, serta menumbuhkan sikap empati dan kerja sama. Sosiodrama terbukti efektif sebagai sarana edukasi karakter yang menyenangkan dan mampu membangun lingkungan belajar yang positif dan aman bagi anak usia dini

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

swadimas

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Other

Description

Fokus utama pada lingkup bidang pengabdian kepada masyarakat antara lain kegiatan pelatihan, Teknologi Tepat Guna (TTG), pemberdayaan masyarakat, dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Pengabdian kepada masyarakat berisi berbagai kegiatan penanganan dan pengelolaan berbagai potensi, ...